MAKALAH TIK:Fungsi Dan Proses Kerja Peralatan informasi Dan Komunikasi


MAKALAH TIK

Fungsi Dan Proses Kerja Peralatan informasi Dan Komunikasi



Disusun oleh:

MUHAMMAD ILHAM NUGRAHA


KELAS: X G

Guru pembimbing:
Lusi Permana Sari







SMAN 4 KOTA SUNGAI PENUH


TAHUN PELAJARAN 2016/2017















KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala karena telah memberikan kesempatan untuk menyelesaikan Makalah Fungsi dan proses kerja perlatan informasi dan komunikasi ini tepat waktu.


Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan Makalah Fungsi dan proses kerja perlatan informasi dan komunikasi ini. Tanpa dukungan dari berbagai pihak mungkin makalah ini tidak bisa selesai tepat waktu.


Kami menyadari makalah yang kami buat ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Akhir kata kami mengharapkan Makalah Fungsi dan proses kerja perlatan informasi dan komunikasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.







                                                                                  Sungai Penuh,November 2016




                                                                             MUHAMMAD ILHAM NUGRAHA













DAFTAR ISI


Kata Pengantar................................................................................................................... 1

Daftar Isi................................................................................................................................ 2

Bab 1:Pendahuluan............................................................................................................. 3

Bab 2:Pembahasan............................................................................................................... 4

Bab 3:Penutup..................................................................................................................... 10

Kesimpulan.................................................................................................................. 10

Daftar Pustaka..................................................................................................................... 10















Bab 1




PENDAHULUAN



A. LATAR BELAKANG


Informasi adalah data yang telah diperoleh sehingga memiliki arti dan fungsi yang dapat memberikan nilai informasi yang diperlukan siapa saja yang ingin mengambil keputusan. Informasi harus memenuhi kriteria, cepat, tepat dan akurat serta dapat dipahami oleh siapa saja.

Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).


B. RUMUSAN MASALAH:


1.apa pengertian dari peralatan teknologi informasi dan komunikasi?

2.apa itu peralatan teknologi informasi?

3.apa itu peralatan teknologi komunikasi?

4.apa saja contoh peralatan teknologi informasi?

5.apa saja contoh peralatan teknologi komunikasi?


C. TUJUAN


1.Untuk memahami pengertian dari peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

2.Untuk memahami apa saja contoh peralatan teknologi informasi dan contoh peralatan teknologi komunikasi.

3.Untuk memahami perbedaan antara peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi.



Bab 2





PEMBAHASAN


Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi

yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi

pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan

penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan

pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan

penyajian informasi.






Input,Proses,dan Output

Penyampaian informasi dari sumber hingga penerima melalui proses

yang panjang. Alat teknologi informasi maupun alat teknologi komunikasi

menggunakan tiga langkah pokok. Tiga langkah pokok ini meliputi proses

memasukkan informasi (input), proses pengolahan informasi, dan proses

menyajikan informasi (output).






PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI


Peralatan Teknologi Informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak.

Contoh peralatan teknologi informasi:


a. Personal Komputer





Komputer adalah alat yang terdiri dari hardware dan software yang berfungsi untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, atau animasi.



b. Laptop/Notebook





Laptop adalah bentuk lain dari computer Dan mempunyai fungsi yang hampir sama dengan PC. Sebutan laptop menunjuk pada komputer ramping yang yang dapat dipangku (Lap berarti pangkuan).



c. Televisi






Televisi adalah peralatan elektronik yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak (video) dan suara serta dapat melihat dari jarak jauh. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Dalam perkembangannya, terdapat banyak pihak yang terlibat, antara lain penemu maupun inovator, badan usaha. Televisi juga bisa menjadi sarana hiburan.

d. Radio





Radio adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara dari stasiun pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.

e. Kalkulator





Kalkulator adalah alat yang berfungsi untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka. Kalkulator biasa digunakan untuk menentukan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi hitung lainnya yang nilai bilangannya besar.

f. Personal Digital Assistant (PDA)





Personal digital assistant (PDA)/komputer genggam adalah peralatan sejenis komputer, tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukkan ke saku. Manfaatnya hampir sama dengan komputer, yaitu dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai handphone (PDA Phone).

g. Kamus Elektronik





Kamus elektronik adalah peralatan elektronik yang berfungsi untuk menerjemahkan kata ke dalam berbagai bahasa sesuai dengan program yang ada di dalam kamusnya. Bentuk umumnya seperti laptop, namun dalam ukuran yang lebih kecil.

h. Kamera Digital




Kamera digital adalah peralatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.

i. Flash Disk





Flash disk adalah alat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus, tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak. Daya tampung data setiap flash disk berbeda-beda, ada yang 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB bahkan sampai 16 GB lebih.


Peralatan Teknologi Komunikasi


Peralatan teknologi komunikasi adalah peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang atau lebih. Berikut ini adalah peralatan teknologi komunikasi yang digunakan oleh manusia.

Contoh Peralatan Teknologi Komunikasi:


a. Telegraf




Telegraf adalah peralatan komunikasi yang berfungsi untuk mengirim sandi melalui jaringan telepon. Peralatan ini merupakan cikal bakal teknologi komunikasi modern.


b. Telepon




Telepon adalah peralatan teknologi yang berfungsi untuk ber-komunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara. Telepon ada tiga macam, yaitu fixphone, telepon seluler, dan fixphone celluler.

c. Faksimile




Faksimile adalah peralatan komunikasi yang berfungsi untuk mengirim tulisan kepada sesama alat tersebut melalui sambungan telepon. Contoh merek faksimile adalah Brother, Canon, HP, dan Epson.

e. Handy Talky




Handy talky adalah peralatan yang berfungsi untuk ber-komunikasi antara dua orang dengan menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel. Pesawat khusus ini biasanya menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif, namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama.


.



BAB 3


Penutup


Demikianlah beberapa peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi, walaupun informasi dan komunikasi merupakan dua hal yang berbeda tapi pada kenyataannya keduanya sulit untuk dipisahkan. Dalam perkembangan teknologinya pun kedua istilah tersebut sering dipergunakan bersama-sama menjadi teknologi informasi dan komunikasi.






Kesimpulan



Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas maka dapat kita rangkumkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur-jalur komunikasi berkecepatan tinggi. Teknologi ini dapat di pergunakan untuk mengirimkan data, baik berupa teks atau simbol, suara (audio), gambar (image), ataupun gambar bergerak (video).


Pada dasarnya peralatan teknologi informasi dan komunikasi adalah semua peralatan yang dapat menghasilkan informasi dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak tertentu. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi akan terus berkembang mengikuti atau seiring dengan perkembangan jaman.



Daftar Pustaka


http://www.materisma.com/2014/03/mengenal-peralatan-teknologi-informasi.html#


www.indonesiaindonesia.com


catatan-si-ilham.blogspot.co.id


iklan dihapus