Makalah tentang interaksi sosial


Makalah sosiologi
INTERAKSI SOSIAL
  Disusun Oleh: Muhammad Ilham Nugraha





SMA NEGERI 4 SUNGAI PENUH
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Manusia ditakdirkan untuk hidup sebagai makhluk sosial atau makhluk yang membutuhkan individu lain nya untuk bisa bertahan hidup, karena itu setiap manusia pasti selalu melakukan interaksi sosial dan menjalin hubungan dengan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung.
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi ada aksi ada reaksi, pelakunya lebih dari satu, misalnya individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Contohnya guru/dosen mengajar merupakan contoh interaksi sosial antara individu dengan kelompok.
B.   RUMUSAN MASALAH
Dalam pembahasan ini kami merujuk masalah-masalah sebagai berikut :
1.            Apakah pengertian interaksi sosial?
2.            Bagaimana ruang lingkup interaksi sosial?
3.            Apakah ciri-ciri interaksi sosial?
    C. TUJUAN MAKALAH
1. Mengetahui apa pengertian dari interaksi sosial
2. Mengerti bagaimana ruang lingkup interaksi sosial
  3. memahami ciri-ciri interaksi sosial



BAB 2
PEMBAHASAN
INTERAKSI SOSIAL
1.           Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi social berasal dari istilah dalam bahasa inggris Social Interaction yang berarti saling bertindak.

Definisi interaksi sosial menurut para ahli, yaitu sebagai berikut :
a.       Menurut Broom dan Selznic, bahwa pengertian interaksi sosial adalah proses bertindak yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan proses menyesuaikan respon (tindak balasan) sesuai dengan tindakan orang lain.
b.      Menurut Macionis bahwa pengertian interaksi sosial adalah proses bertindak dan membalas tindakan yang dilakukan seseorang dalam hubungan dengan orang lain.
c.       Thibaut dan Kelley menyatakan bahwa interaksi sosial sebagai peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil satu sama lain atau berkomunikasi satu sama lain. Jadi dalam kasus interaksi, tindakan setiap orang bertujuan untuk mempengaruhi individu lain.
d.      menurut Shaw, interaksi sosial adalah suatu pertukaran antar pribadi yang masing- masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka, dan masing- masing perilaku mempengaruhi satu sama lain.
e.       soekanto(1990), interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respon antar individu, antar kelompok atau individu dan kelompok.
f.       Maryati dan suryawati (2003), interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu dan kelompok.
g.      Murdiyatmoko dan Handayani (2004), interaksi sosial adalah hubungan antara manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh-mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.
h.      Young dan Raymond W. Mack, interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan-hubungan antar individu dengan kelompok maupun antar kelompok dengan kelompok.
Dari pengertian kesembilan  pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah suatu hubungan antar sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan maupun antar individu dengan individu, individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok.
2.           Ruang Lingkup Interaksi sosial
   Yang termasuk dalam ruang lingkup interaksi sosial antara lain:
a.       Interaksi antara individu dengan individu
Artinya individu yang satu memberikan pengaruh,rangsangan/stimulus kepada individu lain nya dan sebalik nya,individu yang terkena pengaruh itu akan memberikan reaksi,tanggapan atau respon.
Contoh Interaksi Sosial Indivdu dengan Individu 
  • Seorang kakak mengajari adiknya belajar matematika
  • Indah belajar bermain yang diajar oleh  satriawan 
  • Seorang dokter dengan pasiennya
  • Seorang siswa bertanya kepada gurunya 
b.      Interaksi antara individu dengan kelompok
Secara konkret bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok bisa digambarkan seperti seorang guru yang sedang berhadapan dan mengajari siswa-siswi nya di dalam kelas ataupun bias juga seprti seorang penceramah yang sedang berpidato di depan orang banyak.Bentuk interaksi semacam ini juga menunjukan bahwa kepentingan seorang individu berhadapan/bisa ada saling keterkaitan dengan kepentingan kelompok.jadi interaksi antara individu dengan kelompok adalah hubungan timbal balik antara 1 orang/individu dengan banyak orang/kelompok.
Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok 
  • Presiden dengan rakyatnya 
  • Guru dengan siswanya 
  • Komandan dengan anggotanya
  • Khotbah  jumat dimesjid 
  • Gubernur Ahok dengan warga kampung pulo
c.       Interaksi antara Kelompok dengan Kelompok
Bentuk interaksi antara kelompok dengan kelompok saling berhadapan dalam kepentingan,namun bisa juga ada kepentingan individu disitu dan kepentingan kelompok merupakan satu kesatuan,berhubungan dengan kepentingan individu dengan kelompok lain. jadi interaksi antara kelompok dengan kelompok adalah hubungan timbal balik antara kumpulan beberapa orang yang bersama/kelompok dengan kumpulan orang/kelompok lain nya.
Contoh Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok
  • PMR dan Pramuka bekerja sama dalam pemberian bantuan 
  • Polisi dengan TNI saling bekerja sama memberantas preman 
  • Kelompok A dan Kelomok B saling berdebat atau mendiskusikan sesuatu
  • Osis dengan pramuka saling membantu dalam menyukseskan kegiatan tanam 10000 bibit


3.           Ciri-Ciri Interaksi Sosial
Proses interaksi sosial di dalam masyarakat memiliki ciri-ciri sebagai berikut ;
a.       jumlah pelaku lebih dari satu orang, artinya dalam sebuah interaksi sosial, setidaknya ada dua orang yang sedang bertemu dan mengadakan hubungan.
b.      Adanya hubungan timbal-balik antar pelaku, artinya dalam sebuah interaksi sosial di dalamnya terdapat proses tukar - menukar informasi
c.       Diawali dengan adanya kontak sosial, baik secara langsung atau tidak langsung
d.      Ada dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa mendatang) yang menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung, artinya dalam proses interaksi dibatasi oleh dimensi waktu sehingga dapat menentukan sifat aksi yang sedang dilakukan oleh orang - orang yang terlibat dalam interaksi.
e.       Ada tujuan - tujuan tertentu, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan tersebut dengan yang diperkirakan oleh pengamat, artinya dalam sebuah interaksi sosial, orang - orang yang terlibat di dalamnya memiliki tujuan yang diinginkan oleh mereka. Apakah untuk menggali informasi, atau sekedar beramah - tamah atau yang lainnya.


BAB 3
PENUTUP
1.Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan-penjelasan tadi dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah suatu hubungan antar sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu antar kelompok maupun antar individu dan kelompok.


2.Daftar Pustaka

http://www.artikelsiana.com/2015/08/interaksi-sosial-pengertian-bentuk-ciri.html

http://falah-kharisma.blogspot.co.id/2015/09/ciri-ciri-interaksi-sosial.html


http://catatan-si-ilham.blogspot.com

iklan dihapus