8 Contoh Soal Ulangan Ekonomi kelas X

Contoh Soal Ekonomi kelas X


Kali ini saya akan memposting beberapa contoh soal ulangan berikut dengan jawaban nya yang bisa dipakai untuk latihan di rumah.

Pertanyaan

1. Apa penyebab terjadinya kelangkaan? 

2. Jelaskan hubungan antara keinginan, kebutuhan dan kelangkaan! 

3. Jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan alokasi sumber daya! 


4. Sebutkan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan jika seseorang menghadapi banyak pilihan! 

5. Dalam sebuah sistem ekonomi, sebutkan perbedaan antara komunisme dan sosialisme? 

6. Sebutkan masalah ekonomi yang paling pokok? 

7. Menurutmu sistem ekonomi apa yang dipakai di Indonesia? 

8. Dapatkah sebuah sistem ekonomi mengalami perubahan? 


jawaban:

1.Beberapa penyebab terjadi nya kelangkaan yaitu:



  • Keterbatasan sumber daya

Alam memang menyediakan sumber daya yang cukup melimpah. Namun, tetap saja jumlahnya terbatas, apalagi jika manusia mengolahnya secara sembarangan. Walaupun sumber daya tersebut dapat diperbaharui atau tersedia secara bebas, tetap saja akan berkurang dan lama-kelamaan akan habis.

  • Perbedaan letak geografis

Sumber daya alam biasanya tersebar tidak merata disetiap daerah. Ada daerah yang sangat subur, ada pula daerah yang kaya akan bahan tambang. Namun, ada pula daerah yang gersang dan selalu kekurangan air. Perbedaan ini menyebabkan sumber daya menjadi langka dan terbatas, terutama bagi daerah yang tidak mempunyai sumber daya yang melimpah.

  • Pertambahan jumlah penduduk

Pertumbuhan jumlah penduduk selalu lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Hal ini telah diamati oleh seorang ekonom, Thomas Robert Malthus. Menurutnya, jumlah manusia tumbuh mengikuti deret ukur (1, 2, 4, 8, 16, dan seterusnya). Sementara jumlah produksi hanya tumbuh mengikuti deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya).

  • Keterbatasan kemampuan produksi

Kemampuan produksi didukung oleh faktor-faktor produksi yang digunakan. Misalnya kapasitas faktor produksi manusia terbatas karena masih bisa sakit, lelah, atau bosan. Mesin produksi juga bisa rusak dan aus. Selain itu, keterbatasan produksi juga ditentukan karena perkembangan teknologi yang tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berlangsung sangat cepat. Sementara itu, di negara berkembang perkembangan kebutuhan barang dan jasa masih lebih cepat daripada perkembangan teknologinya.

  • Bencana alam

Bencana alam merupakan faktor perusak yang berada di luar kekuasaan dan kemampuan manusia. Walaupun sebenarnya sebagian bencana terjadi akibat ulah manusia sendiri. Banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran hutan, dan lain-lain telah membawa dampak kerugian yang cukup besar. Kerusakan bangunan, tempat usaha, sumber daya alam, dan bahkan korban jiwa yang menjadi korban bencana alam tersebut.

2.Kebutuhan adalah prioritas hidup setiap aspek mahluk hidup terutama manusia. Kebutuhan bersifat wajib terpenuhi, jika tidak akan menimbulkan kefatalan. Jika manusia telah selesai dan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka mereka akan mencoba memenuhi keinginan mereka. Keinginan berdasar dari kemauan terhadap suatu benda karena dinilai baik dan berguna. Jika tidak terpenuhi maka tidak akan menimbulkan kefatalan. Sementara, kelangkaan terjadi akibat kebutuhan setiap umat manusia tidak terbatas sementara hasil bumi terbatas. Ilmu ekonomi juga terlahir dari permasalahan kelangkaan.

3.Kelangkaan adalah keadaan timpang antara sumber daya dan kebutuhan. minimnya kebutuhan membuat kita harus bias menentukan bagaimana mengalokasikan sumber daya agar dapat memproduksi secara tepat dan memenuhi tuntutan konsumen. dengan demikian terjadi kestabilan kegiatan ekonomi.

4.Berpikir ddengan tenang, jangan terpengaruh dengan pendapat yang bisa membuat kekhawatiran bertambah, jika sudah menilih satu pilihan... jangan mundur karena pendapat negatif orang lain

5.Sosialisme adalah pandangan hidup dan ajaran kamasyarakatan tertentu, yang berhasrat menguasai sarana-sarana produksi serta pembagian hasil-hasil produksi secara merata. Sosialisme sebagai ideologi politik adalah suatu keyakinan dan kepercayaan yang dianggap benar oleh para pengikutnya mengenai tatanan politik yang mencita-citakan terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara merata melalui jalan evolusi, persuasi, konstitusional –parlementer, dan tanpa kekerasan. 
Komunisme adalah bagian dari Aliran Sosialisme yang bergerak lebih radikal. Dimana Sosialisme ada pada tataran teoretis suatu paradigma sosiologi (Karl Marx ). Sedangkan Komunisme sudah bergerak dalam tataran praksis, suatu sistem ideologi kenegaraan yang terimplementasi secara menyuluruh dan cenderung radikal di segala sektor kehidupan bernegara.

6.pokok masalah ekonomi ada tiga, yaitu: produksi, konsumsi dan distribusi.



  • Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.
  • Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
  • distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.
7.Sistem ekonomi Campuran ( PANCASILA ) karena sistem ekonomi ini lebih merakyat dan indonesia adalah negara berkembang akan sering terjadi kegagalan dalam bidang ekonomi sehingga butuh peran pemerintah dalam penetapan Ceilling Price dan Floor Price, atau membuat Lembaga pengaturan pasar seperti BULOG....


8.Ia sistem ekonomi dapat berubah tergantung pada sistem pemerintahan suatu wilayah tersebut. 
contoh sedehana :
dahulu mengunakan sistem barter yang mana penukaran suatu brang dengan barang lain sesuai nilai suatu barang tersebut namun sekarang menggunkan alat perantara yang di sebut dengan uang. 
contoh sistem modern : 
indonesia dahulu menganut sistem pasar tradisional dengan penguasa-penguasa tiap wilayah yang berbeda, namun sekarang indonesia menganut sistem ekonomi pancasila atau demokrasi 

iklan dihapus